Minggu, 19 Mei 2013

cara membuat catatan kaki

CONTOH PENULISAN CATATAN KAKI/FOOTNOTE
FAKULTAS SAINTEK UNRIYO


  1. KUTIPAN LANGSUNG PANJANG

Setiap kali mendengar istilah internet, sebagian besar orang beranggapan bahwa internet itu sama dengan chatting, padahal pengertian itu kurang benar. Pengertian internet adalah sebagi berikut.

Internet adalah kumpulan dari jaringan-jaringan kecil dan besar yang saling terhubung secara real-time atau secara terus-menerus di seluruh dunia. Dalam suatu sistem jaringan itu seluruh komputer saling berbagi data dan resources (sumber daya) satu sama lain sehingga tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi untuk memberikan hasil informasi maksimal.[1]


            Menurut Rohmadi dan Aninditya[2] faktor yang menyebabkan lemahnya penguasaan bahasa Indonesia di perguruan tinggi antara lain sebagai berikut.

(1) bahasa Indonesia merupakan mata kuliah minoritasdi beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta;
(2) ada beberapa anggapan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah sehingga hal itu justru berdampak negatif terhadap bahasa Indonesia yaitu bahasa Indonesia itu tidak penting dan hanya cocok dipelajari oleh orang-orang yang bodoh saja. Padahal, sebenarnya bahasa Indonesia sama sulitnya dengan bahasa lain. Bahasa Indonesia harus dipelajari secara serius seperti halnya belajar bahasa Inggris, Perancis, dll.;
(3) bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa yang kurang populer dibanding dengan bahasa Inggris atau bahasa Arab;
(4) buku ajar yang digunakan selama ini belum memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen.

Satu hal yang sangat memprihatinkan adalah pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia dianggap tidak berhasil. Salah satu indikatornya adalah nilai mata kuliah bahasa Indonesia masih rendah, tertinggal jauh dari mata kuliah eksak dan bahasa asing.
  1. KUTIPAN LANGSUNG PENDEK


Setelah kita mengetahui komponen untuk membangun sebuah jaringan, langkah selanjutnya adalah merancang jaringan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Bunnafit[3] mengatakan bahwa “secara fisik, tipologi jaringan dapat berupa bus, ring, star, extended star, hierarchical dan mesh.”


Menurut Jun Shao[4], “regresi logistik ganda itu mengandung arti variabel banyak (multivariable). Artinya, regresi logistik itu di dalamnya terdapat lebih dari satu variabel independen.”

  1. KUTIPAN TAK LANGSUNG PANJANG/PENDEK
Secara garis besar Purbo[5] menjelaskan beberapa istilah yang berhubungan dengan server, di antaranya adalah mail server, steraming media server, dan web server.
1.      Mail server
Mail server memiliki istilah teknis yaitu Mail Transfer Agent (MTA). Mail server adalah satu aplikasi pada server yang bekerja untuk menerima email yang datang dari user lokal dan meneruskannya kepada user pada domain lain atau sebaliknya.









[1] Bunafit Nugroho, Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Windows dan Linux, (Yogyakarta, Andi Offset, 2005), hlm. 10).

[2] Muhammad Rohmadi dan Aninditya Sri Nugraheni, Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah, (Surakarta, Cakrawala Media, 2011), hlm. 3.
[3] Bunafit Nugroho, Loc.Cit.

[4] Jun Shao, Mathematical Statistic, (New York, John Wileys & Sons, 1995), p.275 – 280.

[5] Onno W. Purbo, S.ST, M.T.,  Panduan Mudah Merakit dan Menginstal Server Linux, (Yogyakarta, Andi Offset, 2008), hlm. 14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar