Rabu, 24 April 2013

Etika dalam promosi kesehatan




ETIKA DALAM PROMOSI KESEHATAN

Definisi menurut bebrapa ahli yaitu
*      Victoria Health Foundation, 1996 : PROMKES adl Suatu program yg dirancang utk merubah perilaku, organisasi masyarakat & lingkunya.
*       Green & Ottoson, 1998: Kombinasi berbagai dukungan menyangkut penddkn, organisasi, kebijakan & peraturan perundangan utk perubahan lingkungn & perilaku yg menguntungkan keshtn.
*       Pusat Promosi Kesehatan : Proses pemberdayaan masyarkat agar mampu memelihara & meningktkan keshtya
*      Kesimpulan :
PROMKES adl Upaya yg dirancang utk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompk, masyrkt shingga berperilaku yg kondusif utk Kesehatan.
Etika dlm Promosi Kesehatan Pnting : 
-   Sebagai dasar dlm menentukan langkah dlm mencapai tujuan yg berorientasi pd masyarakat,
-   Mengetahui masing2 peran baik sebagai tugas keshatan atau masyarakat

Langkah-langkah dalam Etik PROMKES

A. Analisa Masalah Kesehatan & perilaku :
                1. Identifikasi Masalah (4) :
                   a. Latar Belakang Masyarakat
             1) Letak Geografis :Iklim, Keadaan tanah, (Bukit, Laut, Gunung), Lokasi.
             2) Mata Pencaharian (petani, nelayan, buruh, pekerja
             3) Karakteristik demografi (Pendidikan, sosbud, sos ekonomi, agama)      
 4) Perilaku kesehatan masyarakat (Kebiasaan buang air besar, kebiasaan merokok, dll )
b. Status kesehatan Masyarakat dapat dilihat dr Vital Statistik (angka kematian, angka kelahiran, fertilitas & angka kesakitan/ morbiditas baik penyakit infeksi dan non infeksi
c. Sistem layanan kesehatan Masyarakat :
             - Ketersediaan SDM Kesehatan
- Sarana Prasarana (Rumah sakit, Puskesmas, balai pengobatan baik negeri maupun    swasta
 - Keterjangkaun dari jarak tempuh
d. Sistem sosial masyarakat
             - Pola partisipasi masyarakat
                - Organisasi sosial
                - Organisasi Keagamaan


     2. Menetapka Masalah dan Perilaku :
                 a. Langkah-Langkah :
                   - Tentukan status Perilaku
                   - Tentukan Pola Pelayanan Kesehatan.
                   - Tentukan Hub antar status & yan kesh
  
            b. Hal yg perlu dipertimbangkan :
                       - Beratnya masalah
                       - Akibat yg ditimbulkan
                       - Sumber daya yg ada di masyarakat.
     c. Sumber Data :
                                - Dokumen
                                - Langsung dari masyarakat
                                - Petugas lapangan
                                - Tokoh masyarakat formal & informal
                       d. Cara Pengumpulan Data :
                 - Key Informan Approach : indepth interview
                                - Community form approach: Forum diskusi
                   - Sample Survey Approach: wwcara & Observasi
B. Menetapkan Tujuan
   Syarat 7-an dlm Kegiatn PROMKES:
*     Jelas
*     Realistis
*     Dapat diukur
*    Sesuai
*    Logis
*     layak
*    Dapat diamati
          Macam-macam Tujuan :
*     Tujuan Program (Jangka Panjang)
*     Tujuan Pendidikan (Jangka Menengah)
*     Tujuan Perilaku (Jangka Pendek)

          C. Menetapkan Sasaran (ada 2) :
1. Sasaran Langsung (Primer)
      Sasaran yg nantinya akan melaksnakan kebiasaan atau perilaku baru dr kegiatan PROMKES   (Bumil, Ibu, Balita).
2. Sasaran Tidak Langsung (Skunder & Tersier)
*     Sasaran Sekunder  -  Sasaran yg mempunyai Pengaruh thdp sasaran primer ( Keluarga,      Kerabat, Petugas kesh, Tokoh Masy, tokoh Agama
*     Sasaran Tersier – Sasaran yg mmpnyai pengaruh trhdp keberhasilan program (Pengambil keputusan, penyandang dana)
      
    
                    
                    
D. Menetapkan Pesan Pokok :
     Syarat :
     1. Pesan dibuat sederhana mngkin sehingga mudah dipahami oleh sasaran.
     2. Pesan dibuat Menggunakan gambar & bahasa setempat, shngga sasaran mudah memahaminya.
      
E. Menetapkan Metode & Saluran Komunikasi
    3 Aspek yg harus dipenuhi Al:
Ø  Aspek Pengethuan Model yg akan digun (Poster, radio, spanduk, leafleat)
Ø  Aspek Sikap Metode yg digun (Foto, film, slide, drama)
Ø  Aspek ketrampilan Metode yg digun (Simulasi, demonstrasi)

F. Menetapkan Saluran Operasional
        Kegiatan Operasional hrs dpt menjawb pertanyaan Al:
*      Apa yg akan dikerjakan
*      Siapa penanggung jwb
*      Siapa yg terlibat
*      Dmn kegiatanakan dilaksankan
*      Kpn Kegiatan dilaksanakan
*      Siapa Sasarannya (primer, sekunder, dn tersier)
*                     Bagaimana cara pelaksanaanya
*      Bagaimana monioring evaluasinya

G. Menetapka Monev (Monitoring Evaluasi)
ü  Apa yg harus dipantau
ü  Siapa yg memantau
ü  bagaimana cara pemantauan
ü  Diaman dilakukan pemantauan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar